[Curhat Pelajar] Chapter 2: Kuliah Teknik Buat Apa??? Kenapa Banyak Anak Teknik Masuk Bank???

Rahmat Wibowo
3 min readAug 16, 2023

Di blog kali ini kita akan membahas tentang relevansi jurusan teknik dengan pekerjaan pertama. Data yang diambil berdasarkan data dari tracer study ITB di tahun 2020 yang menyurvei angkatan 2013, yang mungkin tidak lagi relevan.

Salah satu issue yang sering didengar adalah banyak anak lulusan teknik yang ended up, menjadi management trainee atau menjadi bankir. Berdasarkan data yang didapat di tahun 2020, 37 % lulusan ITB bekerja di ranah yang tidak sesuai dengan juurusannya. Yang paling besar adalah lulusan Astronomi yang 88 % alumninya merasa pekerjaannya kurang relevan dan paling sedikit adalah Teknik Informatika yang 100% mengatakan jurusannya relevan.

Sekarang coba kita undur kebelakang lagi sebelum kita bahas kenapa banyak lulusan teknik yang tidak sesuai kerjanya, sebenernya apa sih ekspektasi dan alasan kenapa orang memilih kuliah di teknik khususnya ITB. Berdasarkan cerita-cerita dari teman-teman alasan mereka memilih untuk masuk ke jurusan teknik terutama di ITB adalah sebagai berikut:

  1. Peluang mendapatkan penghasilan yang tinggi

Tentunya alasan utama dari kuliah adalah untuk mendapat pekerjaan dengan gaji yang tinggi, terutama teknik yang terkenal jika menjadi insinyur gajinya akan besar

2. Jurusan Favorit

Banyak yang memilih jurusan X, karena jurusan tersebut favorit di SBMPTN maupun SNMPTN. Wah kalo orang berbondong-bondong mau masuk ke jurusan X. Pasti prospek kerjanya bagus, gajinya pasti gede, dsb.

Alasan masuk jurusan teknik adalah pertanyaan yang ditanyakan kepada para mahasiswa baru, terus bagaimana dengan gua dan teman-teman gua yang fresh graduate.

Kenyataannya hampir 80% anak teknik yang gua tanya dari 30 orang random sampling dari ITB dan FT UI menyatakan bahwa mereka ingin mendaftar pekerjaan sebagai Management Trainee ataupun sebagai Bankir. Alasannya khusus untuk angkatan 2019 adalah sebagai berikut:

  1. Learning Loss

Covid Hit Us Hard Bro, Dulu di awal-awal mikirnya seperti ini

Wah enak kuliah online, nilai jadi gampang

Ketika, sekarang sudah mau lulus dan cari kerja baru pada sadar

Eh anjir, ini gua kuliah 4 tahun belajar apa? Kuliah tuh harusnya nyari skill bukan cari nilai

2. Banyak Jurusan Teknik yang Company Oriented

Jurusan-jurusan company oriented itu seperti apa? Jurusan-jurusan seperti teknik perminyakan yang specific untuk oil and gas company misalkan, Kalo perusahaan industrinya tidak menyerap semua lulusannya maka, nantinya mahasiswa akan terpaksa pindah haluan.

Imagine, satu jurusan di ITB bisa ada 200 orang dan jurusan tersebut terdapat di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Perusahaan di masa ekonomi yang stagnan ini paling hanya bisa menghire 10 mungkin.

Kalo lu bukan orang yang high-achiever dan top 20 % angkatan dalam hal skill dan bisa sosialisasi lu gk akan bisa kerja dengan sesuai jurusan

3. Tidak Semua Orang Cocok Kerja Lapangan

Kerja teknik lapangan berat, ada yang harus menggunakan berbagai macam alat dalam kegiatannya. Tidak semua cocok di bidang itu, ada yang kerjanya lebih prefer di kantoran.

4. Management Trainee, Sales, dan Bankir Merupakan Pekerjaan yang Jurusan Agnostik

Latar belakang pendidikan tidak berarti untuk posisi MT dan Bank. Lulusan kuliah managemen dan perbankan nyatanya dalam mencari kerja akan bersaing dengan lulusan dari jurusan lain karena hal ini.

Lantas apa tips agar dapat jurusan yang sesuai dengan jurusan?

Ada beberapa tips yang bisa gua kasih kepada para Maba maupun yang kelas 12 agar tidak menyesal di tingkat akhir.

  1. Kuliah Untuk Mendapatkan Ilmu

Kuliahlah yang serius, kuliah merupakan sebuah privilege tidak semua orang dapat kuliah. Orang tua kerja banting tulang untuk memberikan pendidikan yang terbaik dari SD sampai Kuliah dengan harapan ketika lulus kuliah. Jadilah high achiever namun jangan lupa bergaul karena koneksi itu penting dan baru terasa diakhir dan vested nya lama untuk memetik hasil dari koneksi.

2. Jika Ingin Ambil Yang Pasti Jadilah Dosen Maupun Peneliti

Jika ingin mencari track yang aman untuk sesuai dengan jurusan jadilah dosen maupun peneliti. Karena dengan menjadi dosen dan peneliti sudah pasti ilmu dari jurusan terpakai dalam pekerjaan.

Mungkin itu aja untuk seri Curhat Pelajar kali ini. Jika ada yang ingin dibahas bisa comment atau DM. 😊😊😊

Change Log:

17 Aug 2023 — Initial release

Author:

Rahmat Wibowo

Associate Solutions Architect @AWS
rahmat.wibowo21@gmail.com | linkedin.com/in/rahmatwi

--

--